Minggu, 06 Maret 2011

Website Sekolah

Website Sekolah Bisa Dibuat Dalam Sebuah Blog

Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu makin tinggi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, maka lembaga Pendidikan dalam berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tidak lagi dapat berpangku tangan untuk melestarikan kemampuan budaya dan performen suatu sekolah, namun harus gigih melakukan inovasi perubahan dalam berbagai aspek agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat yang hidup dalam pada era globalisasi.
Menyadari hal tersebut, sekolah sebagai agen perubahan di masyarakat harus senantiasa melakukan perubahan sesuai dengan derap dinamika perkembangan masyarakat dalam perkembangan IPTEK.
Teknologi Informasi berbasis komputer adalah salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola sistem informasi akademik sekolah. Penggunaan internet dewasa ini juga mulai meningkat di kalangan pendidikan, penggunaan ini tidak hanya sekedar mencari informasi di Internet saja, tetapi juga sudah menerapkan teknologi internet ini sebagai media publikasi sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.
Salah satu upaya yang bisa dijadikan sebagai program unggulan best Practice sebuah Institusi Pendidikan Sekolah adalah pembuatan website Sekolah yang dipandang sebagai jembatan emas untuk meraih masa depan yang gemilang, terlebih di dalam website ini terdapat sistem yang memungkinkan pengawasan nilai siswa sebagai bahan evaluasi yang dapat dipantau oleh orang tua/wali diberbagai tempat yang pengolahannya dapat dilakukan secara online. Selain itu juga berbagai informasi sekolah yang menjadi daya tarik masyarakat dalam memandang citra sekolah.
Pembuatan website menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, Website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.
TUJUAN DAN MANFAAT WEBSITE BAGI LEMBAGA PENDIDIKAN
Pembuatan website ini antara lain bertujuan sebagai:
  • Informasi sekolah dapat diperoleh dengan mudah dimana saja dan kapan saja.
  • Meningkatkan tali silaturrahmi antara alumni dengan alumni, alumni dengan staff pengajar, antara staff dengan orang tua/wali.
  • Memudahkan sekolah dalam menggali dana dari berbagai sumber, terutama dari para alumni yang telah sukses dan tersebar di berbagai belahan nusantara bahkan Dunia.
  • Meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pendidikan. 


SEKILAS MENU NAVIGASI WEBSITE LEMBAGA PENDIDIKAN 
Menu Utama
Keterangan
Home
Tampilan depan website
Profil Sekolah (Sambutan Kepala Sekolah, Sejarah berdirinya sekolah, Visi Misi dan struktur organisasi)
Semua yang  berkaitan dengan lembaga dapat dicantumkan dalam kolom ini sehingga pengunjung dapat mengetahui sejarah, program ke depan lembaga yang bersangkutan.
Akademik (Sarana prasarana, Kurikulum, Kalender Pendidikan, Jadual Pelajaran dan program layanan belajar)
Dalam kolom ini, semua yang berhubungan dengan sekolah, siswa serta wali murid dapat di posting sehingga komunikasi antara sekolah dengan siswa atau wali murid dapat terjalin.
Stakeholder (Komite Sekolah, Guru dan Karyawan, Siswa)
Kolom ini bisa diisi keorganisasian KOMITE sekolah, karyawan ataupun kesiswaan 
Foto Gallery
Dalam kolom ini bisa ditampilkan beberapa foto sesuai dengan kategori. Seperti; Sarana Prasarana, kegiatan siswa, dll
Data Kelulusan siswa
Kolom untuk menginformasikan kepada siswa nilai hasil ujian sehingga siswa dapat lebih cepat mendapat informasi berkenaan dengan hasil ujian.
Pendaftaran Siswa Baru Online
Sarana untuk mempermudah bagi calon siswa atau orang tua untuk mendaftarkan anak-anaknya lebih cepat
Forum diskusi
Memungkinkan bagi siswa untuk saling share dan berdiskusi baik dengan guru atau diantara siswa
Kesiswaan (Ekstra Kurikuler, OSIS)
Kolom ini bisa diisi program extra kurikuler dan OSIS sehingga calon siswa ataupun wali murid dapat mengetahui sejauh mana program yang dicanangkan sekolah dan dapat diserap oleh siswa
Data Alumni
Berisi data alumni yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah bersangkutan. Kolom ini diharapkan menjadi sarana silaturrahmi.
Download
Kolom yang memungkinkan bagi siswa untuk mendownlond lebih mudah dan cepat beberapa buku yang dijadikan referensi dan hak ciptanya sudah dibeli oleh Diknas
Kontak Info
Layanan informasi yang dapat digunakan pengujung untuk meminta info lebih lanjut berkenaan dengan sekolah. Juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menerima saran dan masukan dari wali murid ataupun pengunjung secara umum.  
Artikel Bebas (Motivasi)
Ruang untuk memberi motivasi kepada siswa yang ditulis oleh guru.
Menu Tambahan
Keterangan
Event Kalender
Memungkinkan bagi siswa untuk melihat beberapa agenda kegiatan dan tanggal pelaksanaannya yang diadakan sekolah
Counter Visitor
Catatan otomatis kunjungan dari para pengunjung ke website
Slide show
Menampilkan foto terbaik sekolah secara bergantian dan berada di halaman muka.
Poling
Dengan adanya ruang ini, pihak sekolah dapat membuat polling yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi sekolah
Staf Pengajar
Tampilan staf guru (kepala sekolah dan wali kelas)
Chat online
Media untuk berkomunikasi secara real time dengan pengunjung website





Kembali Ke Halaman Utama (HOME)

0 komentar:

Posting Komentar

CARI ARTIKEL DAN TULISAN

Loading

SELAMAT DATANG

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More